Teknologi Informasi sebagai tulang punggung manajemen
supply chain, konsep manajemen supply chain tidak dapat dipisahkan dari
perkembangan teknologi informasi (TI). Konsep menajemen supply chain
memperlihatkan adanya proses ketergantungan antara berbagai perusahaan yang
terkait di dalam sebuah system bisnis. Semakin banyak perusahaan yang terlibat
dalam rantai tersebut, akan semakin kompleks strategi pengelolaan yang perlu
dibangun. Dalam konteks bisnis, internet membawa dampak transpormasional yang
menciptakan paradigma baru dalam berbisnis, berupa digital marketing atau
internet marketing (cyber marketing, electronic marketing). Istilah
internetisasi mengacu pada proses sebuah perusahaan terlibat dalam
aktivitas-aktivitas bisnis secara elektronik (e-commerce atau e-bisnis),
khususnya dengan memanfaatkan internet sebagai media, pasar, maupun
infrastruktur penunjang. Kebutuhan akan tenaga yang berbasis teknologi
informasi masih terus meningkat; hal ini bisa terlihat dengan banyaknya jenis
pekerjaan yang memerlukan kemampuan di bidang teknologi informasi di berbagai
bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di bidang teknologi informasi masih
sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia.
Dengan teknologi informasi yang terkoneksi dengan
jaringan internet global memberikan peluang dalam pemasaran produk atau jasa,
dengan jaringan internet dan fitur web yang menarik merupakan salah satu alat
promosi yang baik dan lebih murah terutama dalam bisnis jasa. Dalam konsep Good
Governance dimana terdapat kesetaraan peran antara pemerintah, masyarakat dan
swasta, mau tidak mau pemerintahpun harus menguasai dan mengembangkan teknologi
informasi yang populer sekarang dengan sebutan E-Goverment. Pada prinsipnya
peran teknologi dalam pemasaran adalah sebagai alat untuk mempermudah proses,
dibalik itu tetap sumberdaya manusia dan strategi pemasaran memegang kunci
utama.
Teknologi dalam pemasaran punya peran penting untuk
meningkatkan eksistensi sebuah perusahaan atau suatu badan usaha. Pemasaran
pada zaman sekarang ini, jika tidak ditunjang dengan adanya perkembangan
teknologi yang maju tidak mungkin dapat dipasarkan secara maksimal. Peranan
teknologi dalam pemasran yakni menunjang kegiatan-kegiatan yang saling
berhubungan, ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, serta kaitannya
dengan mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok
pembeli. Sehingga pemasaran barang dan jasa dapat berjalan secara maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar